cara memindahkan foto ke kartu sd

Cara Memindahkan Foto ke Kartu SD – Pengguna pasti sering mengalami memori perangkat penuh karena banyak sekali foto yang disimpan. Untuk menghindari memori penuh,, maka disarankan untuk memindahkannya di kartu Sd. Lalu, bagaimana cara memindahkan foto ke kartu SD dengan cepat?

Kebanyakan penyimpanan software di ponsel memang tidak bisa diubah ke memori eksternal. Apalagi sekarang cukup banyak aplikasi yang harus diunduh untuk menunjang kinerja atau kebutuhan hiburan diri. Belum lagi ditambah foto baik dari kamera, Screenshot atau kiriman orang yang cukup penting.

Karena itu, perlu sekali membeli memori eksternal sebagai penyimpanan tambahan. Jadi semua file dan aplikasi yang bisa diubah akan disimpan pada Kartu SD saja. Supaya kinerja ponsel berjalan lancar. Adapun cara yang bisa dilakukan antara lain:

1. Memindahkan Foto Ke Kartu SD Card Secara Otomatis

Daripada ribet memindahkan gambar dari perangkat ke kartu SD, sebenarnya ada cara memindahkan foto ke kartu SD secara langsung. Yaitu dengan mengubah pengaturan penyimpanan di kamera.

Jadi setiap kali mengambil gambar dan video, maka penyimpanannya akan langsung berpindah ke memori eksternal. Langkah melakukannya seperti contoh di bawah:

  • Buka aplikasi kamera perangkat.
  • Tekan ikon pengaturan pada halaman pengambilan gambar.
  • Pada ‘Lokasi Penyimpanan’ silahkan pilih atau ganti kartu SD, sehingga setiap pengambilan file nantinya tidak akan disimpan di memori internal lagi.

Baca juga : Penyebab HP lama di Cas

2. Menggunakan File Manager

Cara paling mudah lain untuk memindahkan foto yang sudah terlanjur ada di memori internal yaitu melalui file manager. Mengingat tidak semua gambar bisa disimpan secara otomatis ke kartu SD seperti file unduhan dan screenshoot.

Melalui file manager, pengguna bisa memindahkan dengan jumlah banyak sekaligus. Karena seluruh foto berupa folder. Untuk langkah melakukannya bisa mengikuti petunjuk berikut:

  • Masuk ke file manager.
  • Pilih ‘Memori Internal’ untuk menemukan folder gambar.
  • Jika sudah, pilih salah satu gambar atau folder (jika ingin memindahkan secara keseluruhan).
  • Tekan lama pada folder sampai muncul ikon titik 3 untuk memilih opsi seperti memindahkan, menyalin, mengubah nama, dan lainnya.
  • Pilih ‘Pindahkan’, lalu tekan ‘Kartu SD’ dan tentukan folder pemindahan. Jika belum ada bisa membuatnya dengan menekan ‘Buat folder’.
  • Pemindahan pun selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Pemindah File

Rasanya aplikasi sekarang sungguh sangat memudahkan banyak pekerjaan. Hampir semuanya bisa dilakukan dengan aplikasi termasuk cara memindahkan foto ke kartu SD. Pengguna bisa memanfaatkannya secara mudah dan gratis dengan menginstall melalui Play Store.

Aplikasi ini tidak hanya dapat memindahkan gambar, tetapi juga file yang seharusnya tidak bisa. Namun perlu diperhatikan apa saja file yang ingin dipindah. Sebab penyimpanan yang tidak sesuai bisa menurunkan kinerjanya.

Baca juga : Cara Upload Produk di Shopee Lewat HP

Salah satu aplikasi yang bisa dicoba yaitu Pemindah File. Setelah diinstall silahkan ikuti langkah di bawah:

  • Masuk ke aplikasi tersebut.
  • Pilih gambar atau folder yang akan dipindahkan.
  • Jika sudah, pilih menu ‘Pindah’ agar semua file beralih ke penyimpanan eksternal.

4. Memindahkan File Ke Kartu SD Dengan Kabel Data

Ulasan cara memindahkan foto ke kartu SD yang terakhir bisa dilakukan dengan menggunakan kabel data. Namun tentu saja harus memiliki perangkat lain yaitu laptop.

Jika kartu SD yang dipasang di ponsel hanya terbatas, maka kapasitas di PC bisa sangat tinggi. Cocok untuk pengguna yang mempunyai data cukup banyak. Adapun langkahnya pasti semua pengguna sudah paham. Jika masih bingung silahkan cari tutorialnya.

Sekian informasi cara memindahkan foto ke kartu SD dengan 4 pilihan mudah yang bisa pengguna lakukan. Untuk informasi tambahan, sebaiknya jangan memaksa memindahkan file yang seharusnya tidak bisa karena akan mengganggu kinerja file tersebut.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.