Archives

Categories

money management saham

Money Management Saham – Saat akan melakukan investasi saham, perlu adanya money management yang baik. Dengan memperhatikan money management ini, maka tiap investor bisa mengurangi risiko kerugian yang mungkin terjadi. Penerapan money management saham ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah sistematis.

Setiap langkah penting untuk dilakukan agar hasilnya baik. Prosesnya sendiri juga akan menyeluruh ke berbagai aspeknya. Bagi yang ingin mendapatkan hasil yang baik saat melakukan investasi saham, maka semua komponennya harus diperhatikan. Simak beberapa langkah penerapan money management di bawah ini:

Penerapan Money Management Saham Paling Efektif

1. Pastikan untuk Mengukur Risk dan Reward Saham

Memahami dan melakukan pengukuran pada risk dan reward saham sangatlah penting. Dengan mengukur kapan risk-nya, maka tiap investor juga bisa tahu kapan harus berhenti. Jika tidak memperhatikan poin ini, maka bisa jadi seorang investor akan terus tergiur dan malah terjerumus pada kerugian yang lebih besar.

Selain itu, komponen reward juga penting untuk diperhatikan. Besarnya keuntungan yang didapat dalam investasi saham tentunya akan sama dengan besaran risikonya. Maka dari itu, jangan hanya tergiur dengan keuntungan yang besar. Karena bisa jadi keuntungannya lebih kecil dibandingkan dengan risiko yang dihasilkan.

Baca juga : Menghitung Harga Wajar Saham

2. Jangan Masukkan Semua Dana dalam Satu Saham Saja

Kedua, pastikan untuk tidak memasukkan semua dana dalam satu saham saja. Istilah ini sering disebut dengan jangan memasukkan semua telur dalam satu keranjang. Jika semua dana yang dimiliki dimasukkan dalam satu tempat, maka saat kerugian terjadi semua dana juga akan hangus atau hilang di saat yang bersamaan.

Maka dari itu, pastikan untuk menyebar dana yang dimiliki ke beberapa saham berbeda. Tentunya, pemilihan dana ini harus disesuaikan dengan perhitungan yang sudah dilakukan. Jadi jangan hanya menyebarkan dana ke saham yang tidak jelas analisisnya. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian.

3. Pastikan untuk Membuat Investing atau Trading Plan

Saat melakukan investasi atau trading saham, komponen rencana tentunya harus dipertimbangkan. Money management saham memang harus mempertimbangkan tahapan rencana dengan baik. Melalui perencanaan yang sistematis, maka segala proses investasi atau trading yang dilakukan akan memiliki arah yang jelas.

Tiap investor pastinya memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda. Maka dari itu, perencanaan yang dibuat tiap investor juga tidak akan sama. Keputusan pembuatan rencana ini tentunya harus mempertimbangkan beberapa aspek. Mulai dari jangka waktu investasi saham, tujuan finansial, dan beberapa aspek pendukung lainnya.

Baca juga : Harga Saham Gojek Per Lembar

4. Buat Reporting Plan

Reporting plan adalah kegiatan membuat laporan dari segala transaksi saham yang sudah dilakukan. bahkan, kejadian saat rugi atau untuk juga bisa dimasukkan dalam laporannya. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Investor yang melakukan atau membuat reporting plan bisa menganalisis sahamnya secara menyeluruh.

Selain itu, evaluasi juga bisa dilakukan jika memiliki reporting plan. Kemudian, investor juga bisa membuat strategi lanjutan dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan. Ada beberapa komponen yang penting untuk dicatat dalam reporting plan ini. Mulai dari rasio keuntungan, tanggal transaksi, dan metode yang dipakai.

5. Manfaatkan Metode Analisis yang Tepat

Jenis analisis dalam saham tentunya ada banyak. Agar pemanfaatannya baik, maka pastikan untuk memakai yang paling sesuai dengan jenis dan tujuan investasinya. Untuk melakukan hal ini, tentunya diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai segala analisisnya. Dengan melakukan ini, maka keuntungan bisa didapatkan dengan baik.

Semua daftar metode penerapan money management saham di atas tentunya bisa langsung diterapkan dengan baik. Daftar di atas tentunya harus diperhatikan tanpa ada yang terlewat agar hasil yang didapat juga baik. Dengan penerapan yang tepat, maka tiap investor bisa meminimalisir komponen kerugian yang ada.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.