penyebab hp lama di cas

Penyebab HP lama di Cas – Pengguna pasti pernah mengalami baterai ponsel tak kunjung penuh padahal sudah di charger lama bahkan semalaman penuh. Apa yang menjadi penyebab Hp lama di cas? Apakah ada yang rusak dan salah? Itulah yang pasti menjadi pertanyaan pengguna jika mengalaminya.

Ponsel memang memiliki teknologi yang berbeda untuk setiap merek. Semakin mahal harganya, maka semakin bagus spesifikasinya termasuk pada baterai. Baik dari kualitas, kecepatan pengisian, dan kapasitas penyimpanan.

Kendati demikian, normalnya pemakaian teknologi sekarang sudah bisa penuh hanya dengan mengisi daya ponsel selama 1 jam. Jika pengguna ingin mengatasinya, maka harus mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Ragam penyebab itu bisa dilihat pada ulasan di bawah:

1. Kualitas Charger Buruk atau Rusak

Apabila pengguna membeli charger merk lain karena yang asli sudah rusak, maka alat itu bisa menjadi penyebab Hp lama di cas. Pasalnya, tidak semua ponsel cocok dengan alat pengisian daya tertentu, sehingga menimbulkan masalah daya ponsel yang tidak penuh atau sangat lama.

Faktor lainnya dari alat pengisian juga bisa disebabkan oleh kabel charger atau atau port penghubung ke ponsel yang mengalami kerusakan. Salah satu langkah mengatasinya sudah tentu membeli yang baru dan berkualitas. Karena jika yang biasa akan tetap sama saja.

Baca juga : Cara Upload Produk di Shopee Lewat HP

2. Baterai yang Sudah Lama

Kerusakan pada hardware perangkat juga bisa disebabkan oleh kualitas baterai yang dipakai. Sebagus apapun merek baterai serta spesifikasinya pasti akan berkurang kualitasnya seiring penggunaan. Oleh karena itu, perlu mengganti yang baru jika sudah terlihat mengembang.

3. Aplikasi di Latar Belakang

Tanpa pengguna sadari bahwa aplikasi di latar belakang yang berjalan ternyata dapat menjadi salah satu penyebab Hp lama di cas. Biasanya semakin banyak aplikasi berjalan, maka semakin lama pula melakukan pengisiannya.

Apalagi aplikasi yang terus bekerja di latar belakang tidak bisa dikendalikan karena pengaturannya diatur pihak platform. Pengguna hanya bisa menonaktifkan, tetapi pasti akan mengganggu kinerja aplikasi tersebut.

Untuk mengetahui aplikasinya, pengguna bisa mengecek penggunaan baterai pada pengaturan ponsel. Caranya dengan masuk ke ‘Setting’ ponsel, lalu pilih menu ‘Baterai’ atau ‘Perawatan Perangkat’ (karena setiap merek berbeda menunya). Jika sudah, pengguna bisa mengetahui aplikasi mana yang sangat boros pemakaiannya.

Dalam menu tersebut pengguna bisa mengoptimalkan atau menonaktifkan aplikasi berjalan yang tidak dipakai. Bila jarang dipakai sebaiknya dihapus saja instalasinya.

Baca juga : Penyebab Playstore Tidak Bisa Dibuka

4. Mengisi Daya Sambil DiPakai

Kebanyakan pengguna pasti sering melakukannya. Dimana bermain ponsel sambil ngecas. Padahal hal tersebut bisa mempengaruhi lamanya masa pengisian.Penggunaan ponsel entah untuk berselancar di sosial media, menonton video atau bermain game justru akan memakan daya baterai, sehingga tidak akan bertambah.

Semakin banyak aktivitas yang pengguna lakukan, maka akan semakin lama pula pengisian daya ponsel. Masalah lain yang dapat ditimbulkan ialah ponsel menjadi panas, baterai cepat rusak serta cepat habis. Karenanya disarankan untuk mematikan perangkat ketika melakukan pengisian daya.

5. Mengisi Dengan PowerBank

Mengisi daya ponsel melalui Powerbank memang terkenal lama. Apalagi jika device yang digunakan perangkat tidak di support Powerbank. Meskipun mungkin pengguna terbantu saat tidak ada kabel pengisian atau sedang melakukan perjalanan.

Itulah ragam penyebab Hp lama di cas yang bisa dipahami agar bisa mengatasinya. Karena baterai termasuk hal penting untuk menghidupkan ponsel. Jika mati, rusak atau habis pengguna tidak bisa menggunakannya. Selain itu, pengguna perlu juga memahami cara merawat baterai pada ponsel dengan baik supaya awet.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.